Supply Export Sell Produce Indonesian Pure Vanilla Bean Paste Extract Ground Powder Producer Manufacturer Seller Supplier Exporter Wholesaler Retailer
News
22 September 2017
Vanilla market update - August 2017
The expected increase in vanilla production from other origins has not yet materialized and it is unlikely we will see a significant impact before 2018. detail

7 Agustus 2017
Indonesian Pure Vanilla Ground Powder Producer Manufacturer Supplier Exporter
Another type or our Vanilla Product is Pure Vanilla Ground Powder which made from top quality dried indonesian vanilla beans, both of Flanifolia and Tahitians. detail

» index berita

Kenapa Vanilla atau Vanili Asli Alam itu Mahal?


1 Agustus 2017

Sering kita temui, harga vanilla bean asli alam atau vanili alam itu mahal, bahkan sangat mahal dibandingkand dengan vanili sintetis. Tapi tahukah Anda kenapa Vanilla bean Asli Alam atau Vanili alam itu mahal? 

Vanilla Bean asli alam atau Vanili alam adalah salah satu jenis hasil komoditas pertanian atau perkebunan yang termasuk dalam kategori rempah - rempah, dan merupakan rempah-rempah termahal di Indonesia bahkan di dunia setelah komoditi Safron. Pertanyaannya adalah, kenapa Vanilla Bean asli alam atau Vanilla Polong asli alam atau Vanili Alam ini harganya mahal? bahkan terbilang sangat mahal dibandingkan dengan rempah-rempah lainnya apalagi dibandingkan dengan Vanili Sintetis hasil dari proses rekayasa kimiawi?.

Harga sebuah komoditas alam dalam hal ini hasil dari produk pertanian atau perkebunan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah biaya persiapan lahan, biaya penanaman, biaya perawatan, biaya panen dan biaya proses hasil panen. Tanaman Vanilla Alam merupakan salah satu jenis tanaman rempah rempah yang tumbuh baik di tanah Indonesia.

Tapi tanaman Vanilla Alam merupakan tanaman yang unik, untuk tumbuh dan besar memang hal yang gampang dan mudah, bahkan sangat mudah disini, tetapi untuk berbunga dan berbuah merupakan hal lain yang sangat jauh berbeda, tanaman Vanilla Alam sangat sulit diprediksi bahkan direkayasa kapan dan bagaimana bisa berbunga dan berbuah. Berbicara pertanian atau perkebunan, menjadi persoalan besar dikala tanaman yang sudah ditanam dan dirawat tidak panen atau berbunga dan berbuah. 

Tanaman Vanilla Alam tidak dapat diprediksi bahkan direkayasa bagaimana dan kapan panen, tidak seperti tanaman rempah-rempah lainnya yang bisa diprediksi kapan panen, setidaknya ada musim-musim waktu panen, Tanaman Vanili alam tidak punya musim-musim panen. Dikala diprediksi musim atau waktu sekian Tanaman Vanilla Alam bisa panen, nyatanya sama sekali tidak panen. 

Selain hal fundamental mengenai panen diatas, Tanaman Vanilla Alam juga prosesnya tidak sesimple tanaman rempah lainnya, tanaman vanilla membutuhkan waktu 2-4 tahun masa berbuah atau berbunga dari pertama kali ditanam, setelah berbunga, tanaman vanilla alam harus dikawinkan oleh bantuan manusia, benar-benar manual satu persatu bunga dikawinkan, satu bunga akan menghasilkan 1 polong atau 1 pcs bean apabila jadi atau sukses, dan kebanyakan gak jadi alias gagal. disini sudah terlihat effort padat karya sudah terlihat, untuk mendapatkan ratusan bahkan ribuan pcs polong vanilla diperlukan ratusan dan ribuan peroses perkawinan oleh tangan manusia satu persatu, sudah bisa dibayangkan bagaimana effortnya.

Setelah bunga dikawinkan dan berbuah, masih membutuhkan waktu minimal 9 bulan untuk bisa dipanen, waktu yang tidak sebentar. Dan selama 9 bulan penantian masa panen tersebut, banyak kendala yang dihadapi, dari mulai hama jamur atau binatang lainnya yang kadang memakan buah vanilla yang masih dipohon sampe ke pencurian, ya buah vanilla alam yang masih dipohon juga sangat rentan dicuri karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Tentunya perlu effort lebih untuk menjaga buah vanilla alam yang ada dipohon agar terhindar dari hama atau gangguan binatang lain dan tentunya terhindar dari pencurian. Effort yang mungkin tidak murah.

Setelah panen, proses hasil panen buah vanilla alam juga tidak mudah, perlu beberapa proses lagi seperti pelayuan, fermentasi dan lain-lain sampai akhirnya menjadi produk Vanilla Bean atau Vanilla Polong alam kering yang siap dipergunakan atau dikonsumsi atau dipasarkan, prosesnya kurang lebih memakan waktu 2-3 bulan dari wakktu panen.

Dari semua informasi dan rangkaian proses diatas dapat terlihat jelas berbagai faktor dan sebab yang menyebabkan kenapa vanilla bean asli alam atau vanilla polong asli alam harganya mahal. Semoga informasi ini dapat memberikan sedikit gambaran, harga vanilla bean tidak semerta merta mahal begitu saja, tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.



Baca juga
  » 22 September 2017
Vanilla market update - August 2017
The expected increase in vanilla production from other origins has not yet materialized and it is unlikely we will see a significant impact before 2018.

  » 7 Agustus 2017
Indonesian Pure Vanilla Ground Powder Producer Manufacturer Supplier Exporter
Another type or our Vanilla Product is Pure Vanilla Ground Powder which made from top quality dried indonesian vanilla beans, both of Flanifolia and Tahitians.

  » 2 Agustus 2017
Pabrik Produsen Pemasok Grosir Jual Vanilla Powder Bubuk Vanilla Asli Alami Jakarta Indonesia
Selain dalam bentuk dan wujud Vanilla Extract dan Vanilla Paste, produk Vanilla Asli Alami Murni kami juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk Vanilla Powder atau Vanilla Bubuk.

  » 29 Juli 2017
Produsen Pabrik Grosir Jual Vanilla Extract Vanilla Paste Alami Murni Halal Bebas Alkohol Indonesia
Berbicara Vanilla alami dan murni biasanya tidak akan terlepas dari produk Vanilla Extract dan Vanilla Paste, dua wujud produk yang lebih populer dipasaran Ritel.

  » 26 Juli 2017
Indonesian Pure and Halal Non Alcohol Vanilla Extract Producer Manufacturer
There’s no flavor in the world quite like vanilla. It’s rich, creamy and warm, and impossible to imagine baking without it.

Search
Search: